Jumat, 09 Juni 2023

Mengonsumsi Makanan Saat Mengalami Gangguan Kehamilan


Ada kalanya Anda harus dihadapkan berbagai perasaan tidak nyaman saat sedang menjalani masa kehamilan, seperti morning sicknes, konstipasi, diare dan masih banyak lagi. Bahkan terkadang sangat sulit untuk memaksakan perut menerima makanan. Padahal, masa kehamilan dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bagi tubuh dan bayi. Karena itu, nutrisi tambahan seperti yang ada di dalam produk prenagen sangatlah perlu. Disamping itu, ketahui juga cara mengatasi berbagai gangguan kehamilan berikut ini agar Anda merasa lebih nyaman.


Apa Yang Perlu Anda Makan Saat Sedang Mengalami Gangguan Kehamilan?

Morning Sickness - Kondisi ini dialami sebagian besar wanita hamil dimana Anda sering pusing, mual dan muntah. Meskipun hal ini terasa sangat tidak menyenangkan, tidak ada resiko kesehatan dan bahkan sebuah penelitian mengatakan jika Anda mengalami morning sickness, itu artinya kehamilan Anda sehat karena resiko keguguran lebih rendah.

Kondisi ini bisa muncul kapan saja, entah siang atau malam dan sebabnya pun masih belum diketahui. Nah, jika Anda sekarang sedang dalam kondisi ini, memakan sereal, cracker sebelum beraktifitas akan sangat meringankan Anda. Selain itu, hindari makanan berlemak, pedas, dan makanan berminyak.

Konstipasi - Konstipasi selama masa kehamilan juga menjadi hal paling umum di masa kehamilan, hanya saja waktunya bisa berbeda pada setiap wanita. Ada yang di trimester pertama, dan ada yang dimasa hamil tua.

Penyebab konstipasi ini beragam. Bisa karena perubahan hormon, vitamin prenatal atau tekanan di area uterus. Karena kondisi ini, wanita hamil kerap mengalami kembung, perut tidak nyaman dan terasa sakit ketika berusaha BAB.

Untuk mengatasi kondisi ini, Anda bisa memakan buah dan sayur segar dan minumlah air yang cukup. Disarankan sekitar 6-8 gelas sehari. Selain itu, Anda bisa minum suplemen serat dan pastikan sudah mengkonsultasikannya dengan dokter Anda apakah kondisi Anda diperbolehkan mengonsumsi suplemen ini atau tidak.

Diare - Selain konstipasi, wanita hamil juga ada yang mengalami diare. Jika Anda mengalami ini, makanlah makanan yang mengandung pectin dan gums misalnya oatmeal, nasi putih, pisang, dsb.

Hindari makanan yang tinggi lemak karena bisa memperburuk diare Anda. Makanan yang memiliki saus dan sambal juga sebaiknya dihindari karena bisa memicu diare. Sebaliknya, pilihlah makanan yang dipanggang yang tidak banyak mengandung saus dan tambahkan sayuran. Sebagai tambahan, kurangi makanan yang mengandung pemanis buatan.

GERD/Heartburn - Jika Anda punya magh, GERD atau heartburn, hindari makan dalam jumlah besar sekaligus. Makanlah dalam porsi kecil dan kurangi konsumsi kafein. Selain itu, minuman yang terasa kecut dan pedas juga sebaiknya dihindari karena bisa memperburuk kondisi Anda.

Bolehkah Wanita Hamil Menjalani Program Diet Penurun Berat Badan?

Tidak! Kunci kehamilan sehat adalah kebutuhan nutrisi yang mencukupi untuk ibu dan bayi. Jika Anda ingin menurunkan berat badan di masa kehamilan, ini bukanlah hal yang dianjurkan oleh dokter. Terlebih lagi, Anda akan kehilangan berat badan beberapa minggu setelah kelahiran.

Yang pasti, Anda diwajibkan menjalankan diet seimbang supaya kebutuhan nutrisi tubuh dan si kecil bisa terpenuhi. Apa lagi hal ini penting dalam hal proses pembentukan otak dan anggota tubuh. Jangan sampai hanya karena Anda mengurangi salah satu asupan penting, bayi terlahir cacat.

Berbagai masalah kehamilan di atas kerap memberikan hambatan dalam  mencukupi kebutuhan nutrisi. Karena itu, pastikan Anda mengkonsumsi Prenagen untuk melengkapi kebutuhan gizi bayi dan Anda.

0 komentar:

Posting Komentar